LAPORAN

         
                                        LAPORAN

Pengertian laporan
  • Suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan, apapun pertanggung jawaban baik secara lisan mauoun segera tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang pemuda pancasila.
Kegunaan Laporan
  • Sebagai pertanggung jawaban kepada atasan atas apa yang telah kita lakukan.
  • Sebagai dokumen yang dapat dijadikan bahan studi dan perbandingan orang lain.
  • Sebagai sumber pengalaman bagi orang lain. Jika akan melakukan hal yang serupa.
  • Melatih kecermatan dan selalu bertujuan.
Macam-Macam Laporan
  • Laporan berbentuk formulir
  • Laporan berbentuk surat
  • Laporan berbentuk memorandum (memo)
  • Laporan berbentuk naska
  • Laporan berbentuk buku

Sistematik Laporan

Laporan lengkap yang lengkap, harus dapat menjawab semua pertanyaan mengenal: Apa ( What ),Mengapa (Why), Siapa (Who), Dimana (Where), Kapan (When), Bagaimana (how).urutan isi laporan antara lain sebagai berikut:

• Pendahuluan
  Yang dimaksud dan bertujuan latar kegiatan, belakang kegiatan,Dasar hukum kegiatan, Ruang lingkup isi laporan.

Isi Laporan
  Segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain:
Jenis kegiatan, tempat dan waktu kegiatan, petugas kegiatan.

Kesulitan dan hambatan hasi pendahuluan

• Kesimpulan
  Penyempurnaan kegiatan yang akan datang. Penutupan pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf apabila ada kekurangan- kekurangan.juga dengan maksud apa laporan bitu dibuat.


Teknik menyusul Laporan
  • Isi laporan singkat dan padat.
  • Isi laporan runtut atau sistematis.
  • Isi laporan mudah dipahami.
  • Isi laporan lengkap
  • Isi laporan Menarik penyajiannya.
  • Isi laporan berpegangan pada fakta,data, persoalannya.
  • Penyajiannya tepat waktu.
Praktek Menyusun Laporan

Bab 1: pendahuluan

Minimal ada 3 sub bagian dari bab pendahuluan yaitu:
  • Latar belakang.
  • Nama kegiatan.
  • Maksud dan tujuan.
Bab 2: Rencana Pelaksanaan Kegiatan.

Bab ini berisi bagian yang menjelaskan apa yang akan direncanakan dalam mengadakan kegiatan tersebut, diantaranya rencana tersebut ialah eaktu, target, perserta, fasilitas dan kegiatan lain nya. 

Bab 3: Pelaksanaan Kegiatan

Bab ini hampir sama dengan bab 2, Namun perbedaannya adalah jika bab 2 adalah perencanaan, bab 3 lebih ke arah rencana yang telah terlaksana.

Bab 4: Evaluasi dan Hasil Pelaksanaan.

Dalam bab ini berisi hasil perencanaan kegiatan apa saja yang membuat kegiatan sukses apa saja penghambatan kegiatan,serta bagaimana secara umum kesimpulan dari hasil Pelaksanaan dan apa saja yang harus dievaluasi Pelaksanaan Kegiatan yang berisikan tentang faktor apa saja yang menghambat.

Bab 5: Penutupan

Pada bab terakhir ini berikan kata-kata penutupan dari laporan,biasanya berisikan kalimat ucapan terima kasih dan mohon maaf kepada segenap pendukung kegiatan atas kekurangan Pelaksanaan.

Lampiran

Setelah bab penutup,jangan lupa untuk melampirkan segala dokumen penting bagi penerima laporan pertanggung jawaban,lampiran biasanya berupa foto kegiatan,buku pembayaran/struk pembayaran lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEARSIPAN

MATERI TENTANG TEKNOLOGI PERKANTORAN